Sri Mulyani Minta DJP Fokus Kejar Wajib Pajak Orang Pribadi | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Nasional

Sri Mulyani Minta DJP Fokus Kejar Wajib Pajak Orang Pribadi

foto; kemenkeu

REVIEW, Jakarta—Kementerian Keuangan berharap Wajib Pajak (DP) Orang Pribadi (OP) menjadi sasaran utama dalam agenda ekstensifikasi basis pajak di dalam negeri. Langkah ini dilakukan untuk memperluas basis pajak.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini setoran pajak masih banyak bergantung pada wajib pajak (WP) badan. Sedangkan WP orang pribadi masih jauh dari kata ideal.

“Kita berharap DJP akan terus mengonsentrasikan PPh OP karena di banyak negara justru direct tax seperti PPh OP adalah yang menjadi basis pajak paling besar,” katanya di Kompleks Parlemen, Jumat (5/7/2019).

Menurut Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, penerimaan pajak dari WP OP memberikan keuntungan terjaminnya ketahanan fiskal nasional. Setoran dari PPh OP lebih stabil dalam menghadapi guncangan ekonomi ketimbang setoran pajak dari korporasi yang bersifat pro-cyclical.

Menurut Sri Mulyani seperti dilansir ddtcnews, PPh orang pribadi punya cerita positif karena tahun lalu tumbuh 20,5% dan hingga akhir Mei tahun ini tetap tumbuh double digitsebesar 14,45%.

“Kami berharap kepatuhan pasca-tax amnesty terus meningkat meskipun basisnya masih kecil,” tegasnya.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top