KPAD Kota Bekasi Berikan Pendampingan Hukum dan Konseling Pada Anak Korban Persekusi | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

KPAD Kota Bekasi Berikan Pendampingan Hukum dan Konseling Pada Anak Korban Persekusi

foto: ilustrasi/ reviewbekasi.com

REVIEW, Bekasi—Tindakan persekusi yang diterima Ahmad Jaelani (AJ), bocah usia 13 tahun asal Kecamatan Bekati Utara, telah memberi pukulan telak bagi mentalnya. Dari informasi yang diterima REVIEW, AJ kini terus mengurung diri di kamar, lantaran malu menghadapi masyarakat sekitar.

Melihat fenomena tersebut, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Bekasi mengaku terus mengupayakan proses pendampingan, baik itu pendampingan konseling maupun hukum.

“Pertama, kami berusaha agar bisa mengembalikan mental psikisnya, maka kita akan berikan konseling. Kalau dirasa perlu Psikolog, maka

Kita pun akan hadirkan Psikolog dari Unisma, mengingat kita sudah bekerjasama,” ungkap Wakil Ketua KPAD Kota Bekasi, Rury Arief Rianto kepada REVIEW, Minggu (15/4/2017).

Sejauh ini, Rury menyatakan KPAD telah melakukan proses pendampingan hukum. Sejak awal mendengar kabar kasus tersebut, KPAD langsung mengawal jalannya tahap pelaporan di Kepolisian Resort Metro Bekasi Kota.

“Kita kawal dan pantau terus mulai dari pelaporan, kalau perlu, jika dibutuhkan kita akan dampingi sampai ke Pengadilan. Dan juga di sekolah, andai memang anak ini masih enggan masuk sekolah karena tekanan dan sebagainya. Kita coba nanti berkoordinasi dengan pihak sekolah agar tetap membuat suasana sekolah kondusif dan kembali menerima AJ. Jangan sampai ada bully,” lanjutnya.

Mewakili KPAD, Rury mengaku turut prihatin atas kejadian ini. Dia berharap peristiwa yang sama tidak terulang kembali di Kota Bekasi, yang notabene saat ini terngah berjuang menciptakan Kota Layak Anak.

“Kami sepakat, anak-anak ini mungkin salah, namun reaksi masyarakat atas tindakan mereka yang sangat kami sayangkan. Jika kita terganggu, silahkan laporkan saja anak ini ke kepolisian, janganlah kita yang justru menghakimi mereka,” jelasnya.

“Kami juga minta seluruh orang tua dan masyarakat agar membangun kepekaan terhadap kehidupan anak. Kalo ada anak yang keluyuran tengah malam, ya ditegurlah. Karena di jam segitu rawan sekali muncul tindak kejahatan,” sambung Rury.

Pelaku tindak persekusi terhadao AJ kini telah diamankan Polres Metro Bekasi Kota, dan dikenakan Pasal 170 KUHP, tentang penganiayaan pengeroyokan. Ancamannya penjara 5 tahun 6 bulan.



Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

To Top