KOTA LAYAK ANAK: DPPPA Kota Bekasi Gencarkan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

KOTA LAYAK ANAK: DPPPA Kota Bekasi Gencarkan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak

foto: istimewa/ DPPPA

REVIEW, Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) menghelat kegiatan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA) di Griya Wulansari, Margajaya Bekasi Timur, pada 8-9 Mei 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah/guru SMP, SMA, SMK serta Pengurus Forum Anak di tingkat Kota Bekasi dan Kecamatan.

Selain itu, turut hadir dalam kegiatan sosialisasi ini juga, para narasumber yang terdiri dari perwakilan Kementrian PPPA RI dan dari DPPPAKB Provinsi  Jawa Barat serta para pemerhati  anak.

“Sosialisasi ini digelar dalam rangka menyamakan persepsi dalam tahapan pengembangan SRA pada sekolah-sekolah di Kota Bekasi sebagai upaya mendukung Kota Bekasi sebagai Kota Layak Anak (KLA),” terang Kabid Pemenuhan Hak Anak DPPPA Kota Bekasi, Rita Hartati kepada REVIEW, Rabu (9/5/2018) malam.

Lebih lanjut, Rita menuturkan, SRA tidak saja dilakukan untuk mewujudkan KLA, tapi untuk memperbaiki pembangunan sumber daya manusia di Kota Bekasi.

“Sosialisasi ini juga diharapkan dapat membangun kesadaran bersama, bahwa SRA merupakan bagian  penting dan tidak terpisahkan dalam upaya pembangunan SDM di Kota Bekasi. Oleh karenanya, diperlukan komitmen bersama antara tiga pilar pembangunan, yaitu; Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha,” ujar Rita.

Menurut Rita, Salah satu faktor penting terwujudnya Kota Layak Anak (KLA) adalah memberikan jaminan kesempatan bagi anak untuk berpartisipasi dalam mengemukakan pendapatnya, baik itu dari sisi perencanaan, kebijakan maupun sistem pembelajaran di ruang lingkup pendidikan, serta memberi pemahaman terhadap anak terkait pengawasan dan mekanisme pengaduan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Hal tersebut sesuai dengan amanah UU Nomor 35 Tahun 2016 Tetang Perlindungan Anak. Bahwa setiap anak berhak untuk hidup,  tumbuh berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan,  serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.



Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

To Top