KOTA LAYAK ANAK: Dinas Pendidikan Dukung Penuh Sekolah Ramah Anak | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

KOTA LAYAK ANAK: Dinas Pendidikan Dukung Penuh Sekolah Ramah Anak

foto: Amar Faizal Haidar/ reviewbekasi.com

 

REVIEW, Bekasi – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bekasi, Alie Fauzi mendukung penuh program Sekolah Ramah Anak (SRA) sebagai bentuk sinergitas dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Bekasi yang tengah mengupayakan terwujudnya Bekasi sebagai Kota Layak Anak.

Kadisdik mengatakan, minimal di setiap Kecamatan harus ada institusi pendidikan yang sudah menjadi SRA agar bisa menjadi percontohan. Dengan begitu, sekolah-sekolah sekitarnya dapat mengikuti.

“Kita harus mendukung dan mendorong program ini, bagaimanapun anak ini adalah generasi yang kita harapkan di masa depan. Memperlakukan mereka sebagaimana anak-anak kita sendiri adalah keharusan. sekaligus dalam rangka menumbuh kembangkan karakter mereka,” terang Alie kepada REVIEW di ruang kerjanya, Jum’at (11/5/2018).

Alie bersyukur, karena setiap tahunnya, selalu  ada sekolah yang tumbuh menjadi SRA, seperti SMP Negeri 26 kemudian SMP Negeri 12.

“Disana, anak-anak diberikan ruang berpartisipasi mengemukakan pendapatnya, baik dalam hal sistem belajar maupun kebijakan dalam batas-batas yang wajar,” imbuhnya.

Kadisdik menghimbau kepada para guru untuk mendidik peserta didiknya dari hati yang paling dalam. Memberi perhatian tidak hanya di pagi atau jam sekolah, tapi di setiap hari guru harus memberikan perhatiannya.

Sebelumnya, DPPPA juga telah melakukan sosialisasi SRA di tingkat SMP dan SMA/SMK. Menurut Kabid Pemenuhan Hak Anak, Rita Hartati, sosialisati tersebut dihadirkan agar dapat menyamakan persepsi dalam tahapan pengembangan SRA pada sekolah-sekolah di Kota Bekasi.

“Kita harus membangun kesadaran bersama, bahwa SRA merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dalam upaya pembangunan SDM di Kota Bekasi. Oleh karena itu, diperlukan komitmen bersama antara tiga pilar pembangunan, yaitu Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha,” jelas Rita.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top