Intan F Fauzi: Kota Bekasi Berpeluang Besar Jadi Daerah Maju dan Sejahtera | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

Intan F Fauzi: Kota Bekasi Berpeluang Besar Jadi Daerah Maju dan Sejahtera

foto: Amar Faizal Haidar/ reviewbekasi.com

REVIEW, Bekasi–Kota Bekasi memang telah berubah. Dalam satu dekade kebelakang, daerah yang dihuni oleh lebih dari 2 juta jiwa ini terus menjelma menjadi tanah metropolitan. Bahkan tidak mudah lagi menemukan sawah hijau terbentang di Kota yang memiliki luas wilayah 210.5 km².

“Sekarang di Kota Bekasi bicara pertanian susah, semua sudah jadi semen,” ucap Bendahara Umum PUAN sekaligus Ketua DPP PAN, Intan Fitriana Fauzi kepada REVIEW sambil tertawa kecil, saat dijumpai di sela-sela kegiatannya mengisi materi Entrepreneurship kepada masyarakat Kecamatan Bekasi Timur, Minggu (8/4/2018).

Intan menyadari, Kota Bekasi memang tidak punya sumber daya alam (SDA), kalaupun ada, pasti sangat terbatas. Meski demikian, Intan tetap percaya Kota Bekasi berpeluang besar menjadi daerah yang maju dan sejahtera.

“Syaratnya, sumber daya manusia (SDM) di Kota Bekasi harus kreatif, kuat dan inovatif. Sebab Kalau bicara soal konektvitas, masyarakat Kota Bekasi tidak sulit. Daerah ini dihimpit oleh Jakarta, Kabupaten Bekasi dan Depok. Artinya, ruang industri, pusat pemerintahan dan agrobisnis mudah dijangkau,” paparnya.

Intan berharap masyarakat Kota Bekasi mampu melihat kemudahan-kemudahan tersebut sebagai suatu peluang agar dapat meningkatkan diri. Menurut Intan, keterbatasan SDA bukan alasan yang tepat untuk mengeluh.

“Kita bisa lihat Singapura? SDA ga punya, air dan pertanian masih impor. Tapi kok bisa jadi sebuah negara yang maju? Jawabannya karena Singapura memiliki SDM nya kuat. Saya yakin Kota Bekasi pun bisa,” terangnya.

Untuk menciptakan SDM yang unggul, Intan menekankan pentingnya pendidikan formal yang baik di semua jenjang. Selain itu, Intan menyebut peran orang tua, lingkungan, majelis taklim dan sebagainya bisa mengambil peran pendukung dalam menciptakan SDM yang unggul.

“Kita semua harus menyadari bahwa SDM itu penting. Jangan juga membangun infrastruktur megah, tapi membangun manusia kita lupakan. Kemudian saya pikir universitas-universitas besar yang ada di Kota Bekasi mustinya bisa memprioritaskan penyerapan pada warga asli daerah, sehingga proses pembangunan manusia lebih maksimal,” cetusnya.

Intan sendiri saat ini tengah gencar mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk berkecimpuing di sektor entrepreneurship (wirausaha). Selain itu wanita yang memiliki jargon Intanpreneur ini juga aktif mensosialisasikan gerakan anti narkoba di sejumlah daerah



Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terpopuler

To Top