Ini Mitos Seputar Gerhana Bulan Merah Darah, Percaya atau Tidak? | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Kocak & Unik

Ini Mitos Seputar Gerhana Bulan Merah Darah, Percaya atau Tidak?

foto: istimewa/ newsweek

REVIEW, Bekasi—Malam ini masyarakat di Indonesia bisa menyaksikan gerhana bulan merah langka atau disebut super blood moon pada Rabu (31/1/2018) malam. Masyarakat modern tentu akan menganggap bahwa gerhana bulan merah ini sebagai fenomena langka yang bisa dinikmati bersama-sama.

Tapi dibalik itu semua, ada beberapa mitos seputar gerhana bulan yang masih dipercaya oleh sebagian orang. Apa saja?

  1. Bulan Dimakan Raksasa

Pada sebagian masyarakat terutama Jawa kuno, gerhana bulan terjadi karena dimakan oleh raksasa yang mereka beri nama Buto Ijo. Dulu, setiap terjadi gerhana bulan, masyarakat di desa-desa akan memukul kentongan dengan tujuan untuk mengusir “Buto Ijo”.

  1. Makanan Beracun

Sebagian masyarakat di India masih percaya jika saat gerhana bulan, terutama gerhana bulan merah, maka semua makanan akan terkena racun. Mitos ini masih dipercaya. Bahkan mereka menolak untuk makan ketika gerhana bulan merah terjadi. Masyarakat India juga menghindari memasak saat gerhana bulan merah terjadi, karena menganggap makanan yang ada saat gerhana sudah terpapar racun mematikan.

  1. Terjadi Bencana

Mitos ini memang sudah lama. Konon menurut kepercayaan masyarakat Yunani kuno, bulan merah menandakan bahwa Tuhan sedang marah. Akan ada bencana alam besar yang datang seiring dengan kemunculan bulan merah ini. Pada zaman tersebut juga meyakini gerhana sebagai awal bencana, berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu ekleipsis yang artinya ditinggalkan.

  1. Ibu Hamil Dilarang Keluar

Mitos ini juga sempat menghampiri Indonesia. Dulu, setiap terjadi gerhana bulan, ibu yang sedang hamil dilarang keluar rumah dan melihat bulan secara langsung. Mereka yang mempercayai mitos ini menganggap, ibu hamil diyakini akan melahirkan anak yang cacat, seperti bibir sumbing dan buta jika keluar rumah ketika gerhana bulan berlangsung, atau melihat gerhana bulan secara langsung.

Percaya atau tidak dengan mitos tersebut, yang jelas masyarakat bisa menyaksikan gerhana bulan langka ini malam ini. Jangan sampai ketinggalan ya..




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top