Harga Mobil Bekas Avanza-Xenia Kembali Turun | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Otomotif

Harga Mobil Bekas Avanza-Xenia Kembali Turun

foto: ilustrasi

REVIEW, Bekasi—Momentum untuk membeli mobil bekas pada bulan ini nampaknya tepat. Sebab, sejumlah mobil bekas seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia mengalami penurunan harga. Tidak tanggung-tanggung, turunnya bisa mencapai 20-30%.

Seperti misalnya Avanza Veloz tahun kini maksimal hanya diangka Rp170 juta. Hal tersebut disampaikan Manajer Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih.

Kenapa harga pasaran mobil bekas kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMVP) ini turun? Menurut Herjanto, karena pemain otomotif di kelas ini semakin banyak. Salah satunya Wuling dengan Confero S dan Mitsubishi yang menjadi mesin “pembunuh” Xenia-Avanza lewat Xpander.

Confero S dan Xpander adalah dua produk yang diluncurkan dalam periode waktu yang sama. Keduanya sama-sama bermain di segmen yang sama dengan Avanza dan Xenia. Harga tiga varian Confero S bahkan dijual pada kisaran harga Rp130 juta hingga Rp160 juta. Sedangkan enam varian Xpander dijual pada kisaran harga Rp190 juta hingga Rp250 juta.

Menurut Herjanto, kondisi ini memaksa konsumen beralih melirik Wuling dan Mitsubishi. Beralihnya konsumen ini membuat harga jual Avanza dan Xenia bekas langsung anjlok. “Konsumen mobil bekas cenderung akan membeli kedua mobil tersebut ketimbang Avanza dan Xenia second,” ujar Herjanto seperti dilansir kompas.

Menurut Herjanto pihak yang paling dirugikan dengan kehadiran Confero S dan Xpander adalah produsen  Avanza-Xenia.  Seperti yang diketahui Avanza dan Xenia merupakan produk kolaborasi Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM).

Namun menurut Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengatakan produsen tidak bisa ikut campur tangan terkait turunnya harga jual kembali sebuah produk. Sebab harga yang berlaku di pasar mobil bekas ditentukan oleh mekanisme pasar.

Jadi, mumpung turun harga saatnya membeli mobil second nih..




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top