Cuaca Ekstrem Landa Indonesia, 5 Gunung Ini Ditutup Untuk Jalur Pendakian | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Nasional

Cuaca Ekstrem Landa Indonesia, 5 Gunung Ini Ditutup Untuk Jalur Pendakian

foto : ilustrasi

REVIEW, Bekasi – Sejumlah Balai Taman Nasional yang mengelola jalur pendakian di Indonesia juga sudah mengeluarkan edaran mulai dari waspada cuaca ekstrem dan pemulihan ekosistem  hingga harus menutup jalur pendakian.

Ketua Tim TCC (Tourism Crisis Center) Kemenpar Guntur Sakti pun meminta wisatawan untuk mematuhi peraturan tersebut guna memenuhi aspek-aspek baik keamanan, fisik dan keselamatan.

“Wisatawan atau pendaki diharapkan untuk mematuhi peratuan tersebut,”

Berikut daftar gunung yang ditutup untuk jalur pendakian, diantaranya :

  1. Jalur pendakian Gunung Merbabu, Jawa Tengah, ditutup sejak 30 Desember 2018 hingga waktu yang belum ditentukan.
  2. Jalur pendakian Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat ditutup selama tiga bulan, mulai 1 Januari 2019 sampai 31 maret 2019.
  3. Jalur pendakian Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditutup mulai Selasa, 1 Januari 2019 hingga pemberitahuan selanjutnya.
  4. Jalur pendakian Gunung Prau akan ditutup selama tiga bulan, mulai dari 6 Januari hingga 5 April 2019.
  5. Gunung Semeru di Jawa Timur ditutup secara total mulai 3 Januari 2019 hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Cuaca ekstrem yang diprediksi BMKG akan melanda Indonesia seperti curah hujan yang tinggi, serta ditambah angin kencang membuat suhu di permukaan yang lebih tinggi tentu lebih dingin, termasuk di atas gunung dan jalur pendakian, sehingga hipotermia menjadi salah satu hal yang bisa dialami pendaki.

Hipotermia merupakan kondisi yang mana suhu tubuh menurun sampai di bawah 37 derajat celcius yang menjadi suhu tubuh normal manusia.

Lebih lanjut, Kemenpar melalui Tim TCC mereka juga akan terus memantau lokasi-lokasi pendakian yang menjadi favorit wisatawan. Karena diketahui, Indonesia memiliki keindahan puncak gunung serta landscape yang ada di bawahnya yang memeberikan daya tarik wisata alam yang sangat tinggi baik untuk wisatawan baik Nusantara ataupun mancanegara.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top