CBA Temukan Indikasi Kecurangan Dalam Lelang Tiga Proyek Pembangunan di Bekasi | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

CBA Temukan Indikasi Kecurangan Dalam Lelang Tiga Proyek Pembangunan di Bekasi

foto: istimewa

REVIEW, Bekasi – Center for Budget Analysis (CBA) menemukan adanya indikasi kecurangan dalam lelang tiga proyek yang sedang dilaksanakan oleh kelompok kerja B barang/jasa bagian Fasilitas Pengadaan Barang & Jasa Sekretariat Daerah Kota Bekasi tahun anggaran 2018.

Ketiga proyek yang dilelang itu adalah pembangunan flyover Cipendawa, pembangunan flyover Rawa Panjang dan pembangunan jembatan di atas tol Caman dan penataan Simpang Caman.

“Ketiga lelang ini, sumber pendanaannya itu dua lelang berasal dari Bantuan DKI Jakarta tahun anggaran 2017/2018 dan satu lelang lagi sumber pendanaan berasal dari APBD Kota Bekasi,” ungkap Direktur CBA, Ucok Sky Khadafi dalam rilis yang diterima REVIEW, Minggu (15/4/28).

Ucok menyebut tiga proyek di atas, yang saat ini sedang dalam proses lelang dengan total anggaran sebesar Rp2.175.000.000 itu berlangsung tidak normal, pasalnya ada dugaan kuat persyaratan kualifikasi yang dicantumkan dalam lelang itu sudah bermaksud untuk memenangkan perusahaan tertentu.

“Pihak Pemerintah Kota Bekasi sudah ‘mengunci’ dalam persyaratan agar perusahaan tertentu memenangkan lelang. Dan kuncian tersebut adalah sebagai berbunyi, bagi perusahaan yang tidak menyampaikan pengalaman pengadaan dan pemasangan gelagar pracetak panjang minimal 40 – 50 m selama kurun waktu 10 tahun terakhir, maka dinyatakan gugur,” paparnya.

Ucok menilai jarang perusahaan punya pengalaman spesifik sebagaimana tercantum dalam persyaratan tersebut. Artinya, sambung Ucok, sudah ada perusahaan yang ikut lelang dalam tiga proyek ini, yang memenuhi persyaratan. Diduga kuat disinilah permainannya.

Oleh karenanya, CBA meminta Wali Kota Bekasi atau sekretaris daerah untuk segera membatalkan ketiga lelang tersebut, serta menghapus persyaratan itu dan lakukan lelang ulang. “Kalau, tidak ada pembatalan, kami CBA akan melaporkan ke KPK,” pungkas Ucok.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top

Dapatkan info terupdate dari ReviewBekasi.com 

Dengan me- Like Fanpage Facebook

atau follow kami melalui Twitter